Search

Effisiensi Penggunaan Modal Kerja

Effisiensi Penggunaan Modal Kerja adalah modal kerja yang cukup untuk beroperasi seekonomis mungkin dan agar tidak mengalami kesulitan keuangan, sehingga konsentrasi dapat dititik beratkan pada pencapaian hasil yang lebih tinggi lagi. 
Karena peranan modal kerja yang begitu penting, maka seharusnyalah mendapatkan perhatian yang utama dari seorang manajer.
+/- Kelebihan dan kekurangan modal kerja :
  • Modal kerja yang melebihi kebutuhan untuk beroperasi maka mengakibatkan adanya kelebihan dana untuk menunjukkan adanya dana yang tidak produktif, dimana kesempatan untuk memperoleh keuntungan telah disia-siakan.
  • Sebaliknya apabila penyediaan modal kerjanya mengalami kekurangan akan mengakibatkan kekurangan maupun suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan, hal ini merupakan penyebab utama kegagalan suatu perusahaan. 
Demikian disebutkan dalam sebuah penelitian effisiensi penggunaan modal kerja pada LPD Desa adat Sapat Tegallalang Gianyar sehingga diperlukan sebuah analisa rasio dan statistik seperti :
  • Analisa Ratio rentabilitas untuk memberikan penilaian apakah penggunaan modal kerja sudah efisien atau tidak akan diuji dengan menggunakan standar ratio histories dari LPD yang bersangkutan.
  •  Analisis kecendrungan, kinerja, likuiditas dll.
***

Features