Search

Sistem Informasi Berbasis Komputer Khususunya untuk LPD Bali

Volume transaksi LPD yang semakin besar,
  • Mengapa kinerja operasional sistem informasi akuntansi pada LPD kurang memadai?
  • Bagaimana mengembangkan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan kinerja operasional sistem pada LPD ?
Dengan kompleksitas pengolahan transaksi semakin tinggi, serta adanya tuntutan untuk menyediakan pelaporan keuangan dengan lebih cepat dan akurat, menyebabkan LPD perlu mengembangkan sistem informasi berbasis komputer.
Di samping itu, dengan adanya perkembangan sistem informasi di bidang perbankan, adanya dorongan dari BPD Bali sebagai pembina teknis, serta perlunya pelayanan yang lebih cepat pada nasabah juga merupakan alasan perlunya LPD mengembangkan sistem informasi berbasis komputer (BPD Bali, 2004: 20). LPD merupakan salah satu LPD yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis komputer untuk mendukung proses dan operasinya. 

Sistem informasi akuntansi pada LPD digunakan untuk pemrosesan transaksi tabungan, deposito, dan pinjaman untuk menghasilkan dokumen operasional harian dan laporan lainnya. Sistem informasi akuntansi LPD juga digunakan untuk pemrosesan transaksi penerimaan kas, transaksi pengeluaran kas, transaksi bank dan transaksi non kas untuk menghasilkan laporan keuangan dan laporan lainnya. 

Sistem informasi akuntansi pada LPD perlu dikembangkan karena adanya masalah kinerja operasional sistem yang kurang memadai. 
  • Masalah kinerja operasional sistem yang kurang memadai dapat menyebabkan kerugian karena adanya kesalahan dan ketidakberesan, keterlambatan dan kesalahan dalam pengambilan keputusan, berkurangnya kepercayaan nasabah, dan lain-lain. 
  • Indikasi adanya masalah kinerja operasional sistem yang kurang memadai dapat diketahui dari kurangnya informasi spesifik tentang tabungan, deposito, dan pinjaman yang diperlukan oleh pengurus, adanya kesalahan atau ketidaklengkapan isi laporan yang dihasilkan, adanya kesalahan atau ketidaklengkapan dalam pemasukan dan pemrosesan data, kurangnya pengamanan terhadap informasi yang dihasilkan, kurangnya pengawasan terhadap pelaksanaan pemusnahan laporan yang sudah tidak digunakan, dan lain-lain.
Dengan adanya pengembangan sistem informasi akuntansi dan manajemen yang baru sehingga nantinya diharapkan permasalahan yang timbul pada sistem yang lama, untuk meraih kesempatan berupa peluang pasar, pelayanan pada pelanggan yang lebih baik dan sebagainya akan dapat terwujud.

Demikian disebutkan imdariana dalam pengembangan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan kinerja operasional sistem.

Features